Friday, 17 July 2020

Empleng-Empleng Cemilan memerlukan Lima Bahan

Cemilan memang mempunyai daya tarik tersendiri. Apalagi bagi orang yang suka makan seperti Duo None. Rasanya sehari tanpa cemilan hambar banget. Mulut pengen nguyah sesuatu. 

Nah, kalau sudah begini langsung saja deh ke dapur. Buka lemari makanan dan Lihat ke kiri dan ke kanan bahan-bahan apa saja yang masih tersisa di lemari tersebut. Yah, Ternyata kosong. Rasanya pengen menangis. gimana tidak sedih, masa sih tidak ada satu pun yang tersisa. Contohnya dua buah pisang kek yang tersisa untuk membuat pisang goreng atau pisang rebus. 

Uh kesel banget nih.Tidak ada satu bahan pun yang bisa di olah, guman dalam hati. 

Pas buka lemari yang satunya ternyata sisa terigu 100 ons. Ya sudahlah ini aja yang bisa digunakan. Karena masih penasaran akhirnya buka frezer kulkas dan ketemu kelapa parut. Rencananya sih kelapa parut mau dipergunakan untuk membuat sayur lodeh. Ya sudahlah ambil sedikit aja untuk membuat empleng-empleng.
Empleng-Empleng cemilan lima bahan
Empleng-Empleng
Cara membuatnya sangatlah mudah untuk membuat empleng-Empleng yaitu kita hanya perlu mengaduk bahan-bahan yang terdiri dari 150 grm terigu ditambah segemgam kelapa parut lalu tambahkan air, gula dan garam  

Untuk kelapa sebaiknya sih pakai kelapa muda parut karena rasanya agak manis bila dibandingkan dengan kelapa tua. Akan tetapi kalau tidak ada kelapa muda, ya gunakan saja kelapa tua. Pokoknya manfaatin aja yang ada deh. Kelapa ini akan memberikan rasa gurih pada empleng-Empleng 

Untuk pemakaian air dalam adonan jangan terlalu banyak air, cukup sedang saja, ya kira-kira sih 50 ml air saja. Aduk rata ya teman-teman jangan sampai tidak rata nanti ada yang merasakan disatu sisi rasa asin dan satu sisi lagi terasa hambar. 

Nah, kalau teman-teman sudah mengaduk rata. Tinggal goreng saja dengan api sedang agar bagian dalam matang dengan sempurna. 

Apa sih empleng-Empleng? 

Berdasarkan penelusuran di internet ternyata empleng-Empleng merupakan nama makanan khas Desa Watukelir. 

Sebuah desa di daerah Sukoharjo ujung selatan yang letaknya berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah  

Duo None pernah bertanya sama alm mama empleng-Empleng itu apaan. Empleng-empleng merupakan cemilan yang dibuat para orang-orang di jaman dahulu. Dimana saat itu susah sekali untuk membeli makanan makanya terigu dicampur kelapa lalu digoreng aja. Ternyata ini sudah enak rasanya. 

Bentuk empleng-empleng mirip pancake, sarapan yang berasal dari negara barat . Bentuknya tipis dan bulat merupakan ciri khas dari empleng-empleng

0 comments:

Post a comment

 

MISS NGUBEK DAPUR Template by Ipietoon Cute Blog Design