Wednesday, 20 July 2016

kue zaman dahulu khas palembang

Lebaran adalah moment dimana kita saling bermaafan dan saling silahturahmi. Tak lengkap lebaran tanpa adanya hidangan lebaran. Setiap rumah mempunyai ciri khas untuk hidangan lebaran tapi aku suka mencicipi hidangan lebaran khas dari daerah, salah satu tetanggaku yang konsisten dan bangga akan daerahnya selalu menghidangkan makanan khas Palembang salah satunya adalah maksuba dan empe empe Palembang.

Aku sendiri tak tahu pasti apakah tetanggaku membelinya dari bakery atau pesan catring khusus lebaran atau ia membuat sendiri. Tapi yang pasti hidangan ini selalu jadi idola. seperti yang kita ketahui bahwa empe empe Palembang terbuat dari sagu dan ikan tenggiri yang digoreng dan dimakan bersama saus yang rasanya asam manis. Lain tempat lain pula yang kebiasaan seperti makan empe empe : biasanya orang betawi mengambil kuah empe empe dalam jumlah yang banyak karna orang betawi makan bersama empe empe sedangkan orang Palembang mengambil kuah empe empe dalam jumlah sedikit hal ini sebabkan saat kita makan empe empe kita hanya mencocol empe empe ke kuahnya saja .

Maksuba adalah kue tradisional khas Palembang, kue ini mirip dengan kue lapis . maksuba banyak mengunakan telur dan susu sehingga teksurnya lembut dan rasanya gurih manis.

0 comments:

Post a comment

 

MISS NGUBEK DAPUR Template by Ipietoon Cute Blog Design